Sabtu, 02 Juli 2011

TEKNIK RESENSI BUKU

Bagi yang gemar membaca buku akan terbuka wawasannya, mereka akan mendapatkan informasi yang dipikirkan selama ini.begitu juga dengan Resensi buku juga akan menambah wawasan untuk membuka wawasan agar tidak terjebak dalam pola fikir yang sempit ketika menghadapi problem penting yang selama ini mengganjal fikiran. mereka perlu memiliki keterampilan khusus tentang meresensi buku. sebelum kita melangkah pada teknik meresensi buku, ada beberapa hal penting mengapa kita perlu meresensi buku. tujuannya antara lain:
  1. membantu para pembaca (publik) yang belum berkesempatan membaca buku yang dimaksud  (buku baru) karena mereka sibuk dengan berbagai aktifitas sehari-hari, dengan adanya resensi, mereka bisa mengetahui gambaran umum terhadap buku tertentu
  2. mengetahui kelebihan dan kelemahan buku yang diresensi. dengan begitu, pembaca bisa belajar bagaimana semestinya membuat karya yang bagus, dan melalui resensi buku para peresensi bisa melakukan koreksi terhadap buku.
  3. mengetahui latar belakang buku tersebut diterbitkan,sisi undercovernya.
  4. mengetahui perbandingan buku yang telah dihasilkan oleh penulis lain yang sejenis. 
  5. dengan meresensi bererti peresensi bisa menjadi kreatifitas untuk proses penerbitan selanjutnya, karena tak jarang peresensi memberikan kritik yang tajam baik dari segi gaya dan isi tulisan dan substansi bukunya.
A. Tahap Persiapan
  • memilih buku, tentu peresensi mempunyai minat tertentu pada sebuah buku. pada proses pemilihan buku ini akan lebih baik kalau kita lebih fokus pada buku-buku yang baru terbit adag dapat membandingkan isi dengan buku yang lama yang sejenis. karena tidak mungkin kita menguasai semua buku sekaligus.
  • membuat natomi buku, yaitu mengenai gambaran umum tentang buku yang akan diresensi. seperti judul buku, penulis, penerbit dan harga serta tebal buku.
B. Tahap Pengerjaan
  1. membaca detail dan mencatat hal-hal yang penting, ini yang membedakan membaca biasa dengan meresensi bukubagi seorang peresensi buku, mesti membaca buku secara tuntas agar mendapat informasi secara menyeluruh. dan memcatat pemikliran dan kitipan yang dirasa penting yang terdapat dalam buku.
  2. setelah membaca barulah memulai menulis resensi buku yang dimaksud. buku yang diresensi hendaknya menagndung beberapa hal berikut ini :
  •  informasi  awal buku
  • tentukan judul yang menarik"provikatif"
  • membuat ulasan singkat buku, garis besarnya.
  • memberi penilaian buku (substansinya)
  • menonjolkan isi atas buku resensi yang lain
  • mengulas manfaat buku tersebut bagi pembaca
  • editing kelengkapan karya, EYD. dan sistematika jalan pikiran resensi yang telah dihasilkan
C Tahap Publikasi
 karya disesuaikan dengan ruang media yang akan kita kirimi resensi, menyertakan cover halaman buku, mengirim karya sesuai dengan jenis buku yang diresensi sebelumnya .

Selamat Membaca Semoga Bermanfaat







Tidak ada komentar:

Poskan Komentar